Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word. Pelajar, mahasiswa dan penulis buku wajib mengetahuinya. 


Menambahkan Daftar Isi Otomatis
Tugas makalah yang puluh-puluh halaman bahkan beratus-ratus halaman kadang membuat seseorang pusing. Bukan di penulisannya, tapi di editingnya. Sesi yang paling membutuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi ialah memberikan number pada daftar isi. Heemm, harus mantengin satu per satu halaman. Belum lagi kalau ada revisi,  harus ngurutin lagi dari awal. Huufft, tapi tenang hal itu tidak berlaku jika kalian tau tips dan triknya. Kalian cukup menandai mana yang akan kalian tulis di daftar isi, jadi deh daftar isinya dalam 10 detik. 

Sebelum membuat daftar isi secara otomatis. Saya akan mengenalkan styles  yang ada di tab menu home. Jika temen-temen lihat, di sana ada 5 kotak tertulis AaBbCcDd, di bawahnya ada tulisan normal, no spacing, heading 1, heading 2, dan title. Nah, itu bukan Cuma pajangan gaes, ada fungsinya.  Dalam pembuatan daftar isi otomatis ini, yang  kita butuhkan ialah heading 1, heading 2, dan seterusnya untuk menandai apa aja yang akan kita masukkan ke daftar isi dan ia sebagai apa. Untuk lebih jelasnya, kita akan mempraktekkan langsung.
 
 
Langkah pertama: menandai judul dan sub judul yang akan kita cantumkan di daftar isi.

  • Buka tulisan anda, kemudian blok judul-judul yang anda pilih untuk ditulis di daftar isi.
  • Klik heading 1 pada tab menu home. 
NB: Tulisan anda akan berubah, jadi atur kembali ya letak dan numberingnya. Sedangkan font, warna dan size fontnya bisa diatur kalau sudah selesai menandai.

  • Blok sub judul, dan klik heading 2 pada tab menu Home.
  • Jika masih ada sub judul lagi di bawah level sub judul di atas, maka gunakan heading 3, dan seterusnya.
 





Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di MS Word 2010

  • Lakukan langkah pertama.

  • Klik table of contents pada tab menu References. Maka akan muncul kontak built in.

  • Pilih antara automatic table 1 atau automatic table 2. Nah jadilah daftar isi kita.

Disana ada update tabel yang berfungsi untuk meng-update jika ada perubahan daftar isi. Jangan lupa di-klik, karena ini tidak akan berubah secara otomatis tanpa di-klik.

NB: tapi gaes file kita ini tidak akan kebaca kalau di print, jadi harus diatur dulu.


Caranya sebagai berikut
File > Options > Advenced > show document content > field shading > always
 

Selamat mencoba. Jangan lupa like, komen, dan share.




Komentar

  1. Bermanfaat sekali beeb... semangat berbagiii...

    BalasHapus
  2. Oh jadi ternyata ada ya fitur daftar isi otomatis gitu baru tau.. harus banyak belajar nihh

    BalasHapus
  3. Semangat belajar.. terimakasih kunjungannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Langkah Mengubah Numbering ke angka Arab di Microsoft Word

Cara Mudah Membuat Footnote Arab (mengubah garis footnote di kanan)

Lima Kebiasaan Unik Santri di Pesantren || Nomor Lima Bikin Geleng Kepala